2 Kuda Nil di Belgia Positif COVID-19

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah kebun binatang di Belgia mengatakan dua kuda nil-nya telah dikarantina setelah mendapatkan hasil positif untuk virus corona.

Masih belum jelas bagaimana Imani yang berusia 14 tahun dan Hermien, 41 tahun, mendapatkan virus tersebut, kata kebun binatang Antwerp. Mereka juga menyatakan kedua hewan tersebut dalam kondisi yang baik, hanya memiliki gejalan hidung berair saja.

Aturan-aturan diperketat di kebun binatang tersebut dan akan berlaku hingga dua kuda nil tersebut dinyatakan negatif COVID-19.

Hidung kuda nil memang biasanya basah, namun dokter hewan di Kebun Binatang Antwerp memutuskan untuk melakukan uji COVID-19 kepada keduanya setelah mereka beberapa kali "mengeluarkan ingus".

Pagar mereka telah ditutup, dan pihak-pihak yang menangani mereka, yang dinyatakan negatif, harus menggunakan masker dan face-shield, serta melakukan disinfeksi terhadap alas kaki mereka sebelum melakukan kontak dengan kedua kuda nil tersebut.

"Sepengetahuan saya, ini adalah kontaminasi pertama antara spesies ini yang dilaporkan. Di seluruh dunia, virus ini biasanya terdapat di spesies kera dan kucing," ucap dokter hewan Kebun Binatang Antwerp, Francis Vercammen.